Kamis, 03 Februari 2011

Menyulap Komputer Menjadi Web Server (Support PHP)

 Ketika anda berencana untuk mulai mempelajari PHP, pasti anda akan kepikiran bagaimana caranya mendownload PHP. Memang sebenarnya tidak perlu menjadikan komputer anda sebagai Web Server yang mendukung bahasa PHP, tapi tentu saja alternatif lain , yaitu mengupload setiap script percobaan anda ke web hosting yang support PHP. Boros bandwidth, boros waktu, dan ribet.
Coba bayangkan, yang namanya belajar sebuah bahasa pemograman( atau untuk PHP biasa disebut Server Side Scripting) anda pasti akan mencoba-coba membuat sebuah script , dan haruskah setiap script percobaan anda itu harus anda upload ke webhosting ? Saya sarankan tidak :D

Lalu bagaimana caranya ?
Untuk bisa melakukan hal tersebut, kita perlu menyulap komputer kita menjadi server PHP (dan tentu saja web server). Dan memang pada prakteknya, kita akan memerlukan minimal 3 server yang tersedia di komputer pribadi kita :

  • Web server
  • PHP server
  • Database Server
Paket ketiga jenis server tersebut adalah paket Three Musketeer yang udah sangat populer dalam dunia pemrograman Internet yaitu Apache sebagai Web Server, MySQL sebagai Database Server dan PHP Server sebagai PHP Server . Biasanya disingkat AMP (Apache, MySQL, dan PHP). 

Pada awalnya untuk menjadikan komputer kita sebuah Web Server merupakan sebuah proses yang rumit dan panjang. Apalagi bagi seorang pemula seperti saya , hehe .. . Selain harus mendownload PHP, MySQL dan Apache di masing-masing official sitenya ( PHP di http://php.net, Download MySQL di http://mysql.com dan Apache Web Server di http://apache.org . ). proses untuk melakukan integrasi antara ketiga server tersebut memerlukan waktu dan proses yang lama, dan paling parahnya lagi sering tidak berhasil. 

Namun sekarang sudah ada sebuah paket instalasi yang berisi ketiga server tersebut dan akan melakukan proses integrasi antara ketiganya secara otomatis. Berikut filenya :

Yang paling saya rekomendasikan adalah XAMPP untuk pengguna windows, dan LAMPP untuk pengguna Linux . Cat : AMPP, P terakhir adalah Perl.
Filenya cukup besar, sekitar 60-MB (untuk Windows), jadi harus sedikit bersabar,dan saya rekomendasikan untuk menggunakan semacam download manager, agar koneksi terputus tidak mengganggu anda, terutama bagi yang koneksi internetnya lambat , seperti saya , hehe ..

Cara instalasinya seperti anda melakukan instalasi pada program umumnya, hantam next. :D
Untuk mengetes apakah web server sudah berjalan sebagaimana mestinya. Ketikkan http://localhost pada address bar anda. Jika sudah muncul tampilan homepage nya XAMPP, berarti sudah terinstall dengan sempurna.
Anda juga bisa menentukan paket apa saja yang dijalankan XAMPP Control Panel . Sedikit informasi setiap script PHP atau HTML, dll yang akan anda coba harus diletakkan di C:\xampp\htdocs
Defaultnya sih disitu. Misalnya anda ingin menampilkan sebuah script php dengan nama judul.php , tinggal save di directory C:\xampp\htdocs dan pada address bar ketikkan http://localhost/judul.php .

Sekian

1 komentar:

  1. Terimakasih buat prothelon.com yang menjadi sumber referensi saya dalam membuat post ini

    BalasHapus