Senin, 17 Januari 2011

Emotiv

Langsung aja ya sumber 

Sebuah team dari ilmuwan Australia berhasil membuat alat massal bernama Emotiv dengan harga masuk akal untuk membaca pikiran manusia dan menghubungkannya dengan komputer sebagai device input. Rencana mereka, mouse dan keyboard akan digantikan alat ini.
Team Emotiv kemudian mendirikan perusahaan di USA pada tahun 2003 dan berkantor pusat di San Francisco.
Teknologinya sudah lama dikenal publik yakni EEG atau Electroencephalography. Jadi alat ini akan membaca gelombang yang ditimbulkan sel otak atau neuron pada frekuensi- frekuensi tertentu. Sehingga alatnya akan ditempelkan di kepala kita. Persis seperti headphone. Yang baru dari alat ini adalah metode pembacaan raw data gelombang otak yang telah dipatenkan yang memungkinkan untuk mengaitkan pola tertentu pada satu perintah/command tertentu dengan akurasi tinggi. Dan harganya yang murah ! Mesin EEG untuk lab dll harganya berkisar $50,000 dan $250,000. (600jt-3milyar)
emotiv
Cara Kerja Emotiv:

1. Rekam Gelombang Otak untuk sebuah tindakan tertentu. Misalnya gerakan maju, mundur, belok kanan atau kiri, dll. Caranya, dengan membayangkan sebuah gambar tertentu, misalnya papan lalu lintas untuk belok dll. Atau cukup dengan membayangkan kata belok dll. Sayangnya pilihan tindakan ini masih terbatas pada 13 tindakan yang telah ditentukan. Karenanya alat ini memang masih cocok hanya untuk program game atau program sederhana lain.
Mengapa masih harus “melatih” device ini ? Karena gelombang pikiran antar individu bersifat unique.

2. Computer akan mencocokan database dengan gelombang otak anda dan memerintahkan game, alat kursi roda, atau program komputer anda untuk bergerak sesuai pola di pikiran anda.
Kelebihannya, alat ini sudah menggunakan wireless sehingga bebas kabel dan telah dilengkapi Gyroskop internal untuk mengetahui kepala sedang menoleh atau gerakan kepala lain. Jika EEG direncanakan untuk mengganti keyboard, maka Gyroskop ini diproyeksikan sebagai pengganti mouse dikemudian hari.
Harga alat cukup terjangkau (masih masuk akal) $299 atau 3,6 jutaan. Saat ini anda masih harus memesan dan dibatasi 4 headset. Sayangnya baru warga USA yang diperbolehkan memesan (sialan!, tapi bisa diakal kayaknya). Tersedia SDK (Software Development Kit) berbasis Linux untuk anda yang menginginkan modifikasi. Wow!
Jika anda tengah mengembangkan software saja, maka tersedia SDK Lite yang berisi database virtual, sehingga tanpa membeli alatnya, anda bisa memulai development aplikasi game anda.
SDK-nya terbagi 3 : Deteksi Emosi, Deteksi Pikiran, dan Deteksi Motorik Wajah (untuk mendeteksi ekspresi wajah)


Gagasan-gagasan implementasi:
1. Games. (telah diimplementasikan dan sukses pada Game Developers Conference 2008)
2. Menggerakkan alat (misalnya kursi roda) untuk orang yang motoriknya terganggu./lumpuh. (juga telah diimplementasikan)
3. Pengganti Remote Control. Cukup pikirkan nomer channel atau logo TV favorit anda untuk mengendalikan TV Tuner anda.
4. Pengganti Kemudi Kendaraan.
5. Pengganti Home Automation Device. Malas mematikan lampu halaman karena masih ngantuk ? Cukup mikir aja..:)
6. Pengganti Password yang lebih aman. Cukup memikirkan tanpa input apapun.
7. Personal Identification Number. Cukup mendeteksi pikiran orang, untuk mengambil uang di ATM. Tidak diperlukan kartu ATM.
8. SDK terus dikembangkan dan ke depan Keyboard direncanakan akan diganti total oleh alat ini. Jadi cukup arahkan mata anda ke tombol menu, dan pikirkan “Klik” maka menu akan dibuka. Atau mengetik ? Cukup bayangkan anda ingin mengetik huruf apa atau kata apa.
Yang tertarik atau ingin melakukan penelitian mumpung masih anget, link-nya ada disini.
Saat ini ada beberapa pesaing di pasaran, namun teknologinya tertinggal dari Emotiv.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pada penggunaanya Emotiv bisa digunakan buat bermain game, saya juga sudah dapat artikelnya berikut. Sumber  



emotiv_3_540x416
Evolusi gaming pada saat ini sedang melaju ke arah interaktivitas atau yang biasa di kenal dengan Virtual Reality. Pada game modern, masukan data data untuk pengendalian permainan dapat berupa pengenalan gerak atau analisa melaui citra video. Ada inovasi baru yang di kembangkan oleh Emotiv Systems Inc., yaitu kendali permainan melalui transmisi elektronis langsung dari otak manuisa.
Bersama-sama dengan IBM, Emotiv mengembangkan sebuah headset dengan banyka sensor yang dapat menangkap sinyal kerja otak manusia dan menerjemahkannya menjadi data digital. Selain untuk peripheral game, teknologi ini juga di kembangkan untuk keperluan industri. Alat tersebut bernama Emotiv Headset. Versi Alpha dari headset ini terlihat seperti sebuah helm yang terdiri dari banyak sensor yang menangkap sinyal dari otak yang dikonversi menjadi data digital melalui sinyal wireless 2.4GHz.
Emotiv dapat menangkap sinyal motorik dan kognitif. Pergerakan bibir, raut muka, perasaan senang, sedih atau kaget dapat di tangkap. Perusahaan kecil lainnnya yang menggunakan teknologi ini kebanyakan ditujukan untuk penyandang cacat. Tapi Emotiv merupakan yang pertama kali membuat teknologi ini dengan fungsi yang lebih luas. Kerjasama IBM dan Emotiv sudah berlangsung sekitar satu setengah tahun, tetapi sudah menunjukkan perkembangan yang baik.
Penggunaan Emotiv headset di kalangan korporat ternyata juga cukup di minati, dan IBM bekerjasama dengan Activeworlds Corp. membuat sistem yang memungkinkan konsumer korporat untuk mengadakan virtual meeting ataupun demo teknis melalui teknologi Virtual Reality baru yang mereka kembangkan ini. Sedangkan untuk pasar konsumen umum, headset yang layaknya digunakan untuk gaming atau hiburan interaktif ini akan dijual seharga 200 hingga 300 US dolar. Apakah Emotiv headset bisa menjadi inovasi baru di dalam dunia gaming?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar